Informasi Dan Edukasi

Jumat, 27 September 2019

Cara Penyajian Materi di Papan Tulis Agar Mudah Dicerna Siswa

Sumber gambar: Pixabay
Guru yang mempunyai kemampuan menulis dengan bentuk tulisan yang indah menjadi suatu kelebihan tersendiri yang harus dijaga. Karena mampu menulis indah adalah salah satu senjata terbaik guru dalam menuliskan materi di papan tulis. Nah, bagaimana dengan guru yang hanya bisa menulis dengan bentuk tulisan yang biasa saja? Ini dapat disiasati dengan penyajian materi yang menarik.

Berikut 4 siasat jitu dalam menyajikan tulisan dipapan tulis;

Pertama, tulislah judul materi dengan huruf kapital. Posisikan judul berada di tengah bagian atas dengan ukuran yang besar. Judul materi yang ditulis diawal akan memacu daya pikir siswa menelaah kata tersebut. Minimal mereka tahu arah pembahasannya kemana. Oleh sebab itu tulislah dengan ukuran besar agar langsung menancap pandangan mereka.

Kedua, beri warna pada tulisan anda. Mengapa mading sekolah dibuat warna-warni dan dirancang semenarik mungkin? Agar siswa berduyun mendatanginya dan membaca. Sebaiknya guru mempunyai tiga spidol yang berbeda warna; hitam, merah dan biru.

Tulisan utama tetap warna hitam. Berilah tanda garis bawah, garis panah atau lingkaran pada kata yang sedang anda jelaskan dengan warna biru atau merah. Ini membuat ketertarikan mata melihatnya. Susun dengan rapi dan sistematik, sesuai dengan RPP yang telah disusun.

Ketiga, jangan terlalu banyak membuat catatan. Sedikit, padat dan jelas lebih mereka senangi daripada papan tulis penuh dengan catatan tapi membingungkan siswa. Sebaiknya guru sudah membuat catatan sebelum masuk kelas. Memangkas materi yang tidak perlu dan menyederhanakan bahasa yang terlalu tinggi di dengar siswa.

Keempat, menulislah dengan posisi tubuh yang miring, menyampingi papan tulis. Jangan membelakangi siswa agar siswa dapat melihat kata yang baru saja anda tulis. Ini senantiasa mengikat konsentrasi mereka tetap awas. Jika anda menulis dengan membelakangi siswa, maka akan terganggulah pandangan mereka akibat tertutupi oleh tubuh anda.

Persiapan diawal itu penting, agar anda tidak gamang saat berada di depan kelas. Semoga bermanfaat.
Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Statistik Pengunjung