Informasi Dan Edukasi

Sabtu, 28 September 2019

Guru Juga Konselor bagi Siswa

Sumber gambar: Pixabay
Abdu, salah satu nama murid saya saat tengah mengajar di kelas sembilan. Pagi ini, ada hal yang berbeda terlihat dari dirinya. Tidak seperti biasanya dengan semangat belajar yang baik. Mata pelajaran yang saya ampu adalah tahfidz, menghapal Qur’an, bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Ia sudah menyelesaikan cicilan setoran hapalannya hingga akhir juz. Saatnya memasuki ujian kompre, menyetorkan hafalan satu juz penuh dalam sekali tatap muka. Seharusnya ia senang karena setahap lagi ia akan menaikkan tambahan hapalannya. Namun tidak begitu adanya. Melihat wajahnya yang kurang cerah dalam belajar di kelas, sayapun memanggilnya untuk mengobrol ringan. Saya buka obrolan itu dengan menanyakan, “Apakah sudah dipersiapkan setoran muraja’ah –ulangan hafalan untuk persiapan kompre- pagi ini?”

Iapun menjawab “belum,” dengan nada suara yang malas. “Lalu mengapa tidak kamu baca hapalanmu” lanjut saya. Ia hanya diam. Maka, sudah terjawablah penasaran saya. Saya katakan “Jangan dijadikan beban, kewajiban kamu untuk muraja’ah setiap harinya. Cukup ubah cara berpikir kamu. Pagi hari saat akan mulai belajar, tanamkan niat dalam diri bahwa kamu akan menyelesaikan setoran muraja’ah.”

“Jangan melakukan aktifitas lainnya. Seperti berbicara dengan teman atau lainnya. Kalau kamu yang diajak berbicara, maka jangan hiraukan. Pasti kamu bisa! Jangan berfikir bahwa kewajibanmu untuk setoran hafalan itu berat, atau kamu datang hanya untuk membaca, bukan menghafal. Kalau seperti itu kamu berpikir, maka kamu tidak akan bisa menyelesaikan kewajibanmu di kelas. Kamu juga akan tertinggal jauh dari teman-teman kamu. Cara kamu berpikir itu yang mempengaruhi tubuhmu untuk semangat. Maka ubahlah caramu berpikir!” sayapun mengakhiri obrolan dan meneruskan proses pembelajaran di kelas.

Sekembalinya ia ke tempat duduknya, saya melihat ia langsung membaca hapalan untuk setoran muraja’ah wajibnya. Saya bersyukur bisa memotivasinya.
Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Statistik Pengunjung