Informasi Dan Edukasi

Kamis, 22 Agustus 2019

Seberapa Pentingkah Peraturan Kelas Dibuat?

Seberapa Pentingkah Peraturan Kelas Dibuat?
Sumber gambar: Pixabay

Kita sepakat bahwa sekolah berperan dalam pembentukan sikap siswa, bukan hanya memajukan pengetahuan akademisnya saja. Disiplin menjadi bagian dalam pembentukan sikap yang harus ditanamkan pada siswa sejak dini.

Terkadang siswa mengeluh akan tindakan guru yang mereka pikir semaunya saja memberikan hukuman kepada mereka. Itulah sudut pandang mereka yang tak mau diberi sanksi hukuman karena kesalahannya. Tapi sebagai pendidik, itu perlu dilakukan untuk menertibkan siswa.

Maka dari itu perlu adanya kesepakatan antara guru dan siswa dalam menetapkan peraturan, agar memiliki tanggung jawab bersama. Peraturan kelas merupakan pembinaan kedisiplinan siswa yang pertama. Jika siswa mulai terbiasa disiplin di kelas, maka di luar kelas seperti lingkungan sekolah pun akan terbiasa berperilaku disiplin.

Jika ada siswa yang mengeluh akan hukuman yang diberikan guru, maka guru dapat menunjukkan peraturan kelas yang telah disepakati bersama. Jika mengatur siswa saja membutuhkan waktu sekitar lima belas menit saat memulai belajar, maka waktu belajar mereka sudah terpotong sebanyak itu. Dengan adanya peraturan kelas, guru terbantu mengatur siswa untuk tertib di dalam kelas.

Pribahasa mengatakan bahwa dimana langit dijunjung, disitu bumi dipijak. Artinya dimanapun kita berada pasti ada peraturan yang harus kita ikuti. Seperti lampu lalu lintas yang harus dipatuhi oleh pengguna jalan raya. Jika saja tidak ada lampu lalu lintas, bukan tidak mungkin banyak terjadi kecelakaan. Masing-masing mementingkan diri sendiri. Mereka akan menggunakan amarah untuk menyelesaikan masalah, bukan dengan kesabaran dan logika. Itulah pentingnya dibuat peraturan.

Peraturan kelas ibarat kontrak belajar antara siswa dan guru. Dengan tertibnya kelas, maka proses belajar pun lebih memuaskan. Tertulis dalam peraturan tersebut siswa wajib untuk tertib. Jika ada siswa yang membuat keributan, guru berhak menindaknya. Ini bertujuan agar siswa yang lain tidak ikut-ikutan membuat keributan di kelas.

Berikut contoh peraturan kelas.
1. Siswa harus sudah berada di kelas 5 menit sebelum bel masuk kelas.
2. Siswa tidak boleh meninggalkan kelas saat belajar, kecuali mendapat izin dari guru yang sedang mengajar di kelas.
3. Wajib menyelesaikan PR yang diberikan oleh guru.
4. Wajib menjaga ketertiban dan keamanan kelas.
5. Dilarang membuang sampah dalam kelas.
6. Piket kebersihan kelas wajib menjalankan tugasnya pada hari yang telah ditentukan.
7. Guru berhak memberi hukuman jika siswa melanggar peraturan kelas.

Medan, 22 Januari 2018
Mengetahui,

Ardhi Aditya, S.Pd
Wali kelas



Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Statistik Pengunjung