2 Sebab Siswa Tidak Menyelesaikan “PR” Akademis dan Mengatasinya
Sumber gambar: Pixabay |
Pemberian “PR” akademis dirasa perlu, jika belum
tuntasnya guru menyampaikan materi pada hari itu, atau beberapa siswa masih ada
yang belum paham. Maka untuk memantapkannya, guru memberikan tugas akademis di
rumah.
Beberapa manfaat lainnya, siswa dapat mengulang
pelajaran, juga melihaikan buah pikir saat menemui kasus sama seperti dalam
tugas. Namun, masih terdapat beberapa siswa yang belum atau tidak mengerjakan
“PR”.
Saya menemui 2 masalah yang dialami siswa yang belum
mengerjakan tugas, diantaranya:
Pertama, tidak mencintai pelajaran. Banyak
cara harus dicoba untuk membuat siswa mencintai pelajaran yang Anda ajarkan.
Misalnya dengan membuat praktik pembelajaran yang menyenangkan, atau mencari
tahu tentang apa hal yang menarik bagi mereka, lalu anda mengombinasikannya
dengan mata pelajaran Anda.
Atau mengurangi metode ceramah dalam penyampain materi
agar mereka tidak bosan, misalnya dengan menggunakan media presentasi power
point yang menarik, dengan memasukkan video pembelajaran yang disukai siswa.
Kedua, malu bertanya. Ada
beberapa siswa yang tidak mau bertanya walaupun ia tidak tahu. Jika saja ia
mengaku tidak paham materi, ini jelas, guru dapat menerangkannya ulang. Tapi
jika dia diam, bagaimana guru akan tahu bahwa ia tidak paham? Bisa jadi guru
akan menganggapnya telah paham.
Maka yang harus Anda lakukan adalah dengan rajin
bertanya kepada siswa. Tentu Anda sudah tahu sesiapa saja siswa dalam kelas
Anda yang bertipe pendiam seperti ini. Lalu tanyalah terkait materi yang baru
saja anda sampaikan.
Nantinya akan ketahuan mana siswa yang paham dan mana
siswa yang belum paham. Fokuslah pada beberapa siswa tersebut untuk
menjelaskannya ulang sampai mereka benar-benar paham.
Semoga
bermanfaat
0 Comments:
Posting Komentar